Manajemen konflik dan dinamika sosial: Membangun kedewasaan sosial remaja melalui pendidikan kristiani

Authors

  • Novita Sianturi Institut Agama Kristen Negeri Manado, Sulawesi Utara
  • Esther Heydemans Institut Agama Kristen Negeri Manado, Sulawesi Utara
  • Max Ruindungan Institut Agama Kristen Negeri Manado, Sulawesi Utara

DOI:

https://doi.org/10.30995/kur.v10i2.946

Keywords:

Christian teenagers; managing conflict; social dynamics; social maturity; dinamika sosial; kedewasaan sosial; mengelola konflik; remaja Kristen

Abstract

This study aims to analyze efforts to manage conflict effectively for Christian adolescents in dealing with social dynamics among adolescents. This study uses a descriptive method based on observations of adolescent cases in Teling Atas Village, Lingkungan 1, Manado, and a literature review that strengthens efforts to manage the social conflict of teenagers. The study's results indicate that teenagers' social dynamics that have the potential for conflict require the ability to manage the conflict, and teenagers have the potential to do so through social maturity. This study concludes that Christian education, which focuses on family education, has great potential to shape the social maturity of teenagers, especially Generation Z.

 

Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis upaya mengelola konflik yang efektif bagi remaja Kristen dalam menghadapi dinamika sosial di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berbasis pada observasi kasus remaja di Kelurahan Teling Atas, Lingkungan 1, Manado, dan kajian literatur yang memperkuat upaya manajemen konflik sosial remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika sosial remaja yang berpotensi pada konflik membutuhkan kemampuan dalam mengelola konflik tersebut, dan remaja memiliki potensi untuk melakukannya melalui kedewasaan sosial. Simpulan penelitian ini adalah, pendidikan kristiani, yang difokuskan pada pendidikan keluarga, sangat berpeluang untuk membentuk kedewasaan sosial remaja, khususnya Generasi Z.

References

Aneke, Aneke, and Juliana Hindradjat. "Membangun Ketahanan Nilai-Nilai Kristiani: Intervensi Konseling Kristen Berbasis Iman untuk Mengatasi Cyberbullying di Kalangan Remaja Kristen." Jurnal Teologi Injili 4, no. 1 (2024): 48-62.

Arsini, Yenti, Hannisa Azzahra, Khairan Syahputra Tarigan, and Irfan Azhari. "Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Remaja." MUDABBIR Journal Reserch and Education Studies 3, no. 2 (2023): 50-54.

Bawamenewi, Yunida, Priscila Stefani, and Deasy Angelina Widiatmadja. "Guru Kristiani Mengatasi Cyberbullying Anak Remaja Usia 13-18 Tahun." DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan 5 (2022): 39-46.

Berger, Kathleen Stassen. The Developing Person Through the Life Span. New York: Worth Publishers, 2014.

D, Handi Irawan, and Cemara A. Putra, Gereja Sudah Tidak Menarik Bagi Kaum Muda; https://www.bilanganresearch.com/artikel/gereja-sudah-tidak-menarik

Dwikoryanto, Matius I. Totok, and Yonatan Alex Arifianto. "Sinergisitas Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kristiani dalam Mereduksi Cyber Bullying di Era digital." MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen 4, no. 1 (2022): 175-185.

Erma, Hanifah Nur, Dede Santika, Iffah Nurhasanah, and Inda Lestari. "Dampak Media Sosial Terhadap Konflik Di Masyarakat." EDUSOSHUM: Journal of Islamic Education and Social Humanities 2, no. 1 (2022): 12-20.

Fitria, Dian, Dhea Natashia, and Jehan Puspasari. "Fanaticism and Its Impact on Mental Health: A Literature Synthesis Study in the Indonesian Context." Optimal Nursing Journal (2024): 12-21.

Gusnita, Chazizah. "Fenomena Anak sebagai Pelaku Persekusi di Media Sosial." Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni 3, no. 1 (2019): 11-21.

Hardiman, F. Budi. "Manusia dalam prahara revolusi digital." Diskursus-Jurnal Filsafat Dan Teologi Stf Driyarkara 17, no. 2 (2018): 177-192.

Hasanah, Puji Nurfauziatul, Balkis Fitriani Faozi, and Vellian Rahmadhita Nur Fitriani. "Hubungan Harga Diri dengan Kecemasan Sosial pada Remaja," JIKSA-Jurnal Ilmu Keperawatan Sebelas April 5, no. 1 (2023): 47-54.

Homrighausen, E. G and I. H. Enklaar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Ichwanul, Muhammad. "Analisis viktimologi pada fenomena tawuran kelompok anak remaja di dki jakarta." Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 11775-11783.

Mappiare, Andi. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional, 2002.

Mutaqin, Moh Fikri Tanzil, Bosrowi Bosrowi, Arif Islamawan, Dana Triar Prihatin, David Subowo, Adhika Tri. "Membangun Spiritualitas Digital Bagi Generasi Z." DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 2 (2021): 379-395.

Nainggolan, Tio Nursarida. "Pendidikan Kristiani Sebagai Core Value Dalam Pembentukan Karakter Remaja Generasi Z." JURNAL TERUNA BHAKTI 6, no. 2 (2024): 154-164.

Sarwono, Sarlito Wirawan. Psikologi Sosial, Individu dan Teori-Teori Psikologi Sosial, Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Siagian, Fereddy. "Upaya Mereduksi Masalah Psikologis dan Akademis Korban Bullying melalui Implementasi Hidden Curriculum Gambar Diri Allah." KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 2 (2020): 191-201.

Sutedi, Febbiyanti Febbiyanti, Firda Fitrianingsih et al. "Penguatan Literasi Digital pada Era Disrupsi Digital pada Remaja di Pulo Panjang." MULIA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat) 2, no. 2 (2023): 32-40.

Tafonao, Talizaro, and Yunardi Kristian Zega. "Gereja menghadapi fenomena Transnasionalisme: Sebuah tawaran konstruksi pendidikan kristiani bagi remaja yang berbasis pada pelestarian budaya lokal." KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 8, no. 2 (2022): 511-524.

Tular, Nadia Illsye, and Jefri Susanto Manik. "Pendidikan perdamaian bagi remaja: upaya pencegahan terjadinya konflik antar umat beragama." Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 5, no. 1 (2022): 40-57.

Waruwu, Elfin Warnius, and Mozes Lawalata. "Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membangun Kesadaran Spiritual Bagi Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Era 5.0." EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 4, no. 2 (2023): 144-155.

Yasin, Muhammad, and Siti Sri Fattul Jannah. "Penanggulangan Dampak Negatif Media Sosial Melalui Peran Guru dan Masyarakat di Sekolah." DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 1, no. 3 (2022): 250-258.

Yasipin, Yasipin, Silvia Ayu Rianti, and Nurman Hidaya. "Peran agama dalam membentuk kesehatan mental remaja." Jurnal Manthiq 5, no. 1 (2020): 25-31.

Zannah, Ayuk Febi Akhiros, Adella Isna Rindhiyani, Siti Sasa Mutia, and Linatul Faizah. "Krisis Jati Diri, Eksistensi, dan Konflik Perbatinan yang Terjadi pada Remaja di Era Sekarang." Jurnal Majemuk 1, no. 2 (2022): 155-163.

Zega, Yunardi Kristian. "Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga: Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z." Jurnal luxnos 7, no. 1 (2021): 105-116.

Downloads

Published

31.08.2024

How to Cite

Sianturi, Novita, Esther Heydemans, and Max Ruindungan. 2024. “Manajemen Konflik Dan Dinamika Sosial: Membangun Kedewasaan Sosial Remaja Melalui Pendidikan Kristiani”. KURIOS 10 (2):511-19. https://doi.org/10.30995/kur.v10i2.946.

Issue

Section

Articles