Spiritualitas dan musikalitas Daud sebagai model musikus gerejawi: Membangun kemampuan membaca notasi dan karakter mahasiswa Pendidikan Musik Gereja, IAKN Tarutung

Lince R. T. Simamora, Rowilson Nadeak, Togi Nababan, Melva S. Tambunan, Mirna C. Banjarnahor

Abstract


Artikel ini merupakan sebuah kajian terkait hasil observasi yang memperlihatkan kekurangmampuan mahasiswa Pendidikan Musik Gereja dalam membaca notasi musik yang dipengaruhi oleh karakter belajarnya. Kemampuan membaca notasi memang tidak dipengaruhi secara langsung oleh kerohanian seseorang, namun tingkat kedewasaan dan kematangan spiritual akan membentuk nilai-nilai positif dan konstruktif yang berimplikasi pada kemauan meningkatkan kualitas diri. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan sebuah model musikus gerejawi melalui refleksi teologis dari kehidupan Daud. Dengan menggunakan metode analisis-deskriptif interpretatif, maka diperoleh korelasi antara spiritualitas dan musikalitas Daud. Kemampuan bermusik Daud yang mampu menghasilkan mazmur dan nyanyian pengagungan bagi Allah sekaligus memperlihatkan karakter yang dipengaruhi oleh spiritualitasnya

 


References


Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik Kanisius. Music Dictionary. Jakarta.

Martinus (2012). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: GP Pres

Lumbantoruan, Jagar. 2013. Kemampuan Dasar Musik. Padang: Sukabina.

Narsim. 2015. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh dari: https://ejournal.unib.ac.id/diadik/article/view/24760

Ottman, Robert W. 1961. Elementary Harmony: Theory and Practice. North Texas State University.

Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemenristekdikti.

Permenristekdikti Nomor 49 Tahun 2014. Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemenristekdikti.

Popham, W James. 1995. Education Evaluation. Prentice-Hall., Inc., Englewood Cliffs, New Jersey

Padmo, Dewi, dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran: Upaya Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Sumber Daya Manusia. Tangerang: Universitas Terbuka

Purwanto, Purwanto, and Hery Setiyatna. "Bentuk Tes Formatif Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir." (2009).

Sumaryanto (2000). Kemampuan Musikal dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Musik

Salim, Djohan. "Psikologi Musik Yogyakarta." (2010).

Simamora Lince R.T. Teori Musik. 2023. IAKN Tarutung Kampus Shalom

Soedarso, “Tinjauan Seni Saku Daya Sarana.” (1990)

Stanley, Wisbey, A. 1980. Music as The Source of Learning. Baltimore: University Park Press

Sungkono, dkk. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Sumaryanto, Totok. 2005. Efektivitas Penggunaan Metode Solfegio Untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik di Sekolah Dasar. Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni. Vol. VI No. 2/ Mei-Agustus 2005.

Syah, Muhibbin. "Psikologi Belajar. Jakarta." (2007).

Wijaya. (2006). Pedoman Penelitian.

Yani, Jenderal Achmad. "Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, Mixed Research dan R&D. bandung: Alfabeta." Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku (1995).




DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v9i3.853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.