Partisipasi pendidikan Kristiani di ruang publik dalam menunjang deradikalisasi

Jeniffer Pelupessy Wowor

Abstract


This article highlights the issue of radicalism that is rife in Indonesia today. Deradicalization is seen as an effort that can be taken to overcome this problem. This paper presents the realization of this strategy from Christian Education's perspective. A qualitative approach through analysis of written materials in literature study is presented in this paper. In particular, the research results from the discourse analysis study of news papers that have been carried out previously are used along with some supporting works of literature to complement the required analysis data. Jack L. Seymour's ideas about the importance of a holistic approach in Christian Education, including a faith community approach, instructional and missional, are the theoretical basis in this paper. These three approaches are correlated with the concept of public theology. As a result, Christian education for encouraging people in the public sphere has become a transformational approach to present the benefits of faith education in the public sphere, primarily to support the deradicalization process.

Abstrak
Tulisan ini menyoroti persoalan radikalisme yang marak di Indonesia saat ini. Deradikalisasi dipandang sebagai salah satu upaya yang dapat ditempuh dalam mengatasi persoalan ini. Tulisan ini mengetengahkan realisasi dari strategi ini dalam perspektif Pendidikan Kristiani. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui jenis penelitian literatur, analisis bahan tertulis dipaparkan dalam tulisan ini. Secara khusus hasil penelitian dari kajian analisis wacana atas surat kabar yang telah dilakukan sebelumnya beserta tambahan beberapa literatur penunjang disuguhkan untuk melengkapi data analisis. Gagasan Jack L. Seymour tentang pentingnya pendekatan holistik dalam Pendidikan Kristiani yang meliputi pendekatan komunitas iman, instruksional dan misi menjadi landasan teori dalam tulisan ini. Ketiga pendekatan ini dikorelasikan dengan kajian teologi publik. Hasilnya, partisipasi pendidikan Kristiani di ruang publik menjadi sebuah bentuk pendekatan transformasional dalam upaya untuk menghadirkan manfaat pendidikan iman pada ruang publik, khususnya dalam menunjang proses deradikalisasi.

Keywords


Christian education; deradicalization; interreligious missional education; public sphere; social transformation; deradikalisasi; pendidikan Kristiani; pendidikan misi interreligius; ruang publik; transformasi sosial

Full Text:

PDF

References


Andalas, S.J., P. Mutiara. Kesucian Politik: Agama dan Politik di Tengah Krisis Kemanusiaan. Jakarta: Libri, 2008.

Fatlolon, Constantinus. Masalah Terorisme Global: Dalam Konteks Teori Habermas tentang Kolonisasi Dunia Kehidupan oleh Sistem Modern. Yogyakarta: Kanisius, 2016.

Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3S, 1985.

??????. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.

Hardiman, F. Budi. Demokrasi dan Sentimentalitas: Dari ??SBangsa Setan-Setan?, Radikalisme Agama sampai Post-Sekularisme. Yogyakarta: Kanisius, 2018.

Hattu, Justitia Vox Dei. Mewarga dengan Hati: Pembelajaran Transformatif sebagai Respons Pedagogis Kristiani terhadap Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Indonesia Masa Kini. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018.

Laksana, Albertus Bagus. ??SMembangun Teologi Publik Nusantara: Berkontemplasi dari Laut Tengah sampai Kepulauan Nusantara.? Lectio Brevis dan Studium Generale Fakultas Teologi Universitas Sanata Dharma, 2019/2020, Fakultas Teologi Wedabhakti, n.d.

Oetomo, Dd. ??SPenelitian Kualitatif: Aliran Dan Tema.? Dalam Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan, Bagong Suyanto and Sutinah (ed.), 3rd ed. Jakarta: Kencana, 2007.

Pelupessy-Wowor, Jeniffer. ??SThe Role of Religious Education in Promoting Religious Freedom: A Mutual Enrichment between ???My Story,??" ???Your Story,??" and ???Our Stories.??"? The Review of Faith and International Affairs 14, no. 4 (2016): 98??106. https://doi.org/10.1080/15570274.2016.1248527.

Schipani, Daniel. ??SPendidikan Transformasi Sosial.? Dalam Memetakan Pendidikan Kristiani: Pendekatan-Pendekatan Menuju Pembelajaran Jemaat, Jack L. Seymour (ed.). Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2016.

Seymour, Jack L. ??SPendekatan-Pendekatan Pendidikan Kristiani.? Dalam Memetakan Pendidikan Kristiani: Pendekatan-Pendekatan menuju Pembelajaran Jemaat, Jack L. Seymour (ed.). Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2016.

??????. Teaching the Way of Jesus: Educating Christians for Faithful Living. Nashville: Abingdon Press, 2014.

Singgih, Emanuel Gerrit. Dari Ruang Privat ke Ruang Publik: Sebuah Kumpulan Tulisan Teologi Kontekstual Emanuel Gerrit Singgih. August Corneles Tamawiwy (ed.). Yogyakarta: Kanisius, 2020.

??????. ??SPerumpamaan Perjamuan Besar sebagai Inspirasi Bagi Revitalisasi dan Refungsionalisasi Warga Gereja GPIB dalam Masyarakat.? GEMA 31, No. 2 (2007): 18??28. https://journal-theo.ukdw.ac.id/index.php/gema/article/view/64.

Suardana, I Made. ??SMengurai Landasan Konseptual Pendidikan Agama Kristen Multikultural dalam Konteks Indonesia.? Kurios 6, no. 2 (2020): 346??66. https://doi.org/https://10.30995/kur.v6i2.150.

Tran, Mai-Anh Le. Reset the Heart: Unlearning Violence, Relearning Hope. Nashville: Abingdon Press, 2017.

Widjaja, Paulus S. ??SPartisipasi Kristiani dalam Politik di Indonesia: Antara Mitos, Realita dan Politik Yesus.? GEMA 38, no 2 (2014).

Wowor, Jeniffer F. P. ??SKubus Iman dan Dialog Antar Umat Beragama: Sebuah Upaya Membangun Kesadaran Relasional antara Aku, Kamu dan Kita.? Dalam Menuju Perjumpaan Otentik Islam-Kristen, Wahyu Nugroho dan Djoko Prasetyo (ed.). Yogyakarta: Taman Pustaka Kristen, 2010.

Wowor, Jeniffer F. P., dan Rena Sesaria Yudhita. Wacana Deradikalisasi dalam Surat Kabar dan Kajian Teologi Praktis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press, 2019.




DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v7i1.221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.