Self-directed learning readiness mahasiswa di masa pandemi Covid-19

Yudha Nata Saputra

Abstract


In order to prevent transmission of Covid-19, the government and universities agreed to temporarily stop face-to-face lectures and replace them with distance learning in the form of online lectures. Even so, the implementation of distance learning in the form of online lectures has different characteristics from face-to-face lectures, because the role of students in online learning is far greater than the role of students in face-to-face lectures so that they require self-directed learning readiness from students so that distance learning is done can be effective. Therefore, it is necessary to conduct research on students' self-directed learning readiness in attending online lectures during the Covid-19 pandemic. The research method used in this study is a survey, a survey conducted on 78 students. The results showed that students 'self-directed learning readiness was still at a moderate stage, so it was necessary to make an effort to identify students' self-directed learning needs and to arrange a more complete online learning schedule.


Abstrak
Dalam rangka mencegah penularan Covid-19, pemerintah dan perguruan tinggi sepakat untuk menghentikan sementara waktu perkuliahan tatap muka dan menggantinya dengan pendidikan jarak jauh dalam bentuk perkuliahan daring. Meskipun demikian, pelaksanaan pendidikan jarak jauh dalam bentuk perkuliahan daring ini, memiliki karakteristik yang berbeda dengan perkuliahan tatap muka, karena peran mahasiswa dalam pembelajaran daring jauh lebih besar dibandingkan peran mahasiswa dalam perkuliahan tatap muka sehingga memerlukan self-directed learning readiness dari maha-siswa agar pendidikan jarak jauh yang dilakukan dapat efektif. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian terhadap self-directed learning readiness mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan daring di masa pandemi Covid-19 ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey yang dilakukan kepada 78 orang mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi Cipanas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-directed learning readiness mahasiswa masih berada pada tahap sedang, sehingga perlu dilakukan usaha untuk mengindentifikasi kebutuhan belajar mandiri mahasiswa dan menyusun jadwal pembelajaran daring yang lebih lengkap.

Keywords


Covid-19; distance learning; online lectures; self-directed learning readiness; pendidikan jarak jauh; perkuliahan daring

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin, Penyusunan Skala Psikologi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012)

Candy, Philip C, Self-Direction for Lifelong Learning , A Comprehensive to Theory and Practice (San Fransisco: Jossey-Bass Inc, 1991)

Darmayanti, Tri, ‘Efektivitas Intervensi Keterampilan Self-Regulated Learning Dan Keteladanan Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh’ (Universitas Indonesia, 2005)

———, ‘Readiness for Self Directed Learning and Achievement of the Student of Universitas Terbuka (The Indonesian Open Learning University)’ (University of Victoria, 1993)

Dewi, Indah Anita, ‘HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KESIAPAN BELAJAR MANDIRI MAHASISWA DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG’ (Universitas Lampung, 2019)

Dikti, Humas Ditjen, ‘Kebijakan Dan Penelitian Perguruan Tinggi Untuk Hadapi Pandemi Covid-19 – Dikti Official Site’, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2020 [accessed 10 May 2020]

Elvis, Martin, ‘Perpanjangan Aktivitas Perkuliahan Online’, 2020, pp. 1–2

———, ‘Surat Edaran Terkait Sikap STT Cipanas Terhadap Covid-19’, 2020, pp. 1–2

Guglielmino, L.M., and P.J. Guglielmino, Expanding Your Readiness for Self Directed Learning (Ontario: Organization and Development Inc, 1991)

Hadi, Sutrisno, Analisis Butir Untuk Instrumen Angket, Tes, Dan Skala Nilai (Yogyakarta: FP UGM, 1991)

Hermawati, Adya, and Nasharuddin Mas, ‘Transglobal Leadership, Quality of Work Life, and Employee Performance in Cooperatives in East Java, Indonesia’, International Journal of Business Management , 1.1 (2016), 1–8

Kontri, ‘Menag Minta Pimpinan PTK Ambil Langkah Tegas Cegah Corona’, Kementerian Agama, 2020 [accessed 10 May 2020]

Kusmawan, Udan, ‘Kesiapan Belajar Mandiri Guru Sekolah Dasar Sebagai Mahasiswa Pada Program Studi Pgsd Fkip Universitas Terbuka Self-Directed Learning Readiness of Elementary School Teacher As Student of Open University’, Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 1 (2016), 279–93

Lutfianawati, Dewi, Sri Maria, Puji Lestari, Septa Istiana, Prodi Psikologi, Fakultas Kedokteran, and others, ‘Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun 2017’, Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 5.4 (2018), 232–44

Mendikbud, ‘Surat Edaran Mendikbud No. 35952/MPK.A/HK/2020 Tentang Pembelajaran Secara Daring Dan Bekerja Dari Rumah Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)’, Produk Hukum, 2020, pp. 1–2

Puspitasari, Kristanti Ambar, and Samsul Islam, ‘Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Dan Calon Potensial Mahasiswa Pada Pendidikan Jarak Jauh Di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 4.1 (2003), 1–13

Senthya, Erisa, Br Surbakti, Dwita Oktaria, Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung, Bagian Pendidikan Kedokteran, and others, ‘Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung The Relationship Between Learning Motivation and Self Directed Learning Readiness Student in Medical Faculty of Lampung University’, 6.1 (2019), 139–44

Slameto, Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Yulianasyah, Meningkatkan Response Rate Pada Penelitian Survey Suatu Studi Literature (Jakarta: SMART, 2016)




DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v7i1.183

Article Metrics

Abstract view : 484 times
PDF - 167 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

KURIOS telah terdaftar pada:

View KURIOS Stats

Online ISSN : 2541-3945

Printed ISSN : 2541-3937

Copyright © KURIOS, 2018-2021. All Rights Reserved.