Hubungan Kreativitas Mengajar Pendeta dengan Motivasi Belajar Anak Katekisasi Sidhi

Andar Gunawan Pasaribu

Abstract


The purpose of this study was to analyze the effect of creativity variables on student learning motivation. The method used in this research is a quantitative approach using descriptive statistics and simple linear regression statistical tests. Data collection techniques used a Likert attitude scale with four answer choices distributed to 32 students who were respondents in this study. The results showed that the variable obtained an average score of 41,68 which was included in the high category while the Student Learning Motivation variable obtained an average score of 36,50 which was also included in the high category. The results of data processing showed that there was an influence of creativity variables on Student Learning Motivation by 18,9 % meaning that changes in the learning Motivation variable by 18,9% could be explained by changes in creativity variables.

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh variable kreativitas terhadap motivasi belajar anak katekisasi sidhi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dengan mengunakan regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data mengunakan skala sikap Likert dengan empat pilihan jawab yang dibaikan kepada 32 orang anak katekisasi sidhi yang menjadi responden dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa varia-bel kreativitas memperoleh skor rata-rata sebesar 41,68 yang termasuk dalam kate-gori tinggi sementara variabel motivasi belajar anak katekisasis sidhi memperoleh skor rata-rata sebesar 36,50 yang juga termasuk dalam kategori tinggi. Hasil pe-ngolahan data menunjukkan ada korelasi variabel kreativitas mengajar terhadap motivasi belajar anak katekisasi sidhi sebesar 18,9%, artinya perubahan dalam variabel motivasi belajar sebesar 18,9 % dapat dijelaskan oleh perubahan dalam variable kreativitas.

Keywords


learning motivation; sidhi; teaching creativity; katekisasi; kreativitas mengajar; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


A.M.Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2011.

Abineno, JL.CH. Sekitar Katekisasi Gereja. Jakarta, 1987.

Amaral, G., J. Bushee, U. G. Cordani, KOJI KAWASHITA, J. H. Reynolds, Fernando FLÁVIO MARQUES De E ALMEIDA, F. F.M. de Almeida, et al. “Hubungan Positip Dan Signifikan.” Journal of Petrology 369, no. 1 (2013): 1689–1699.

Azwar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

B.S.Sijabat. Mengajar Secara Profesional. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 2010.

Dahlenburg, G. D. Siapakah Pendeta Itu? Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985.

Gelar, Mencapai, Sarjana Pendidikan, and Agama Islam. “Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Untuk Memenuhi JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM” (2010).

Leuwol, Natasya Virginia. “Pendidikan Katekisasi Kepada Remaja Di Jemaat Gki Kasih Perumnas Sorong.” Journal of Dedication to Papua Community 1, no. 1 (2019): 32–41.

Lusita, Afrisanti. Buku Pintar Yang Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif Dan Inofatif. Jakarta: Araskah, 2011.

Ningsih, Sumiyati. Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik. Yogyakarta, 2006.

Nur’Aliyah, Istiqomah. “Hubungan Kreativitas Mengajar Guru Dengan Motivasi.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 8, no. 6 (2017): 792–800.

Pasaribu, Andar gunawan. Pendekatan Psikologi Pendidikan Agama Kristen. medan: Penerbit Mitra, 2018.

R.J, Porter. Katekisasi Masa Kini. Jakarta: YKBK/OMF, 1987.

Saputra, Yudha Nata. “Hubungan Spiritualitas Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 6, no. 1 (2020): 1–17.

Selduk, H.L. Pedoman Pelayanan Pendeta. Jakarta: YKBK/OMF, 2008.

Seymour, Jack L. Memetakan Pendidikan Kristiani. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Syaiful Bahri, Djamarah. Psikologi Belajar. Jakarta, 2011.

Ulya, Iik Faiqotul, Riana Irawati, and Maulana Maulana. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual.” Jurnal Pena Ilmiah 1, no. 1 (2016): 121–130.

Widiasworo, Erwin. Rahasia Menjadi Guru Idola. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.




DOI: https://doi.org/10.30995/kur.v6i2.182

Article Metrics

Abstract view : 203 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

KURIOS telah terdaftar pada situs:

View My Stats

Online ISSN : 2541-3945

Printed ISSN : 2541-3937

Copyright © KURIOS, 2018-2020. All Rights Reserved.